Pages

[PRESS RELEASE] LANDSCAPE TOUR 2016

        Landscape Tour merupakan salah satu program kerja yang dipegang oleh Divisi Eksternal Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap. Pada kesempatan kali ini, tanggal 31 Agustus 2016 kami mengunjungi PT.Lippo Karawaci yang berada di Tanggerang dan Kemang Village di Jakarta Selatan. Kami disambut dengan sangat antusias oleh pihak PT.Lippo Karawaci. Kegiatan pertama kami adalah mendengarkan banyak informasi yang diberikan oleh pihak PT.Lippo Karawaci. Materi dibuka oleh Ibu Dita Karlina yang menjelaskan keseluruhan tentang PT.Lippo Karawaci. Lalu dilanjutkan oleh Bapak Ferdinan yang membahas tentang geospatial landscape. Dan yang terakhir  Bapak Prayudha Wardhana sebagai kepala departemen Landscape Design Manager (Mixed Use) yang berbagi cerita serta pengalaman dalam membangun proyek. Ketika waktu menunjukkan pukul 12.00 kami melakukan Sholat Dzuhur di Masjid yang cukup jauh dari PT.Lippo Karawaci karena ditempuh dengan berjalan kaki. Setelah itu makan siang dan sekitar pukul 12.45 kami melanjutkan perjalanan ke Kemang Village yang merupakan salah satu proyek seluruhyang dibangun oleh PT.Lippo Karawaci. Jarak yang ditempuh sekitar 1,5 jam namun lamanya perjalanan terbayarkan oleh kemegahan Kemang Village.


          Tiba di Kemang Village kami langsung berkumpul di meeting room untuk diberikan sekilas tentang Kemang Village ini. Lagi-lagi kami diberikan sambutan yang sangat antusias.  Saat di Kemang Village kami dipandu oleh Mbak Meireni Dwi Hendra Saputri, Bang Dimas Musa Wiguna, dan Bang Muhammad Andika Fauzany. Setelah itu kami langsung diajak untuk melihat langsung pengerjaan proyek ini. Untuk ke lantai atas, kami menggunakan alat seperti lift. Di atas sana kami berkeliling melihat proyek yang sedang dikerjakan. Di atas sana juga terlihat banyak gedung apartement yang menjulang dengan tinggi. Tak hanya itu, namun fasilitas lain yang berada di sekitarnya adalah kolam berenang, gazebo, sculpture, serta tanaman-tanaman. Semua itu ditata dan dikelola dengan sangat baik. Sehingga menjadikan Kemang Village merupakan sebuah tempat tinggal yang memiliki fasilitas yang sangat lengkap, seperti sekolah, shopping mall, club house, hotel, serta apartement.

        Setelah itu kami diajak ke danau buatan yang dibuat dan dikelola oleh PT.Lippo Karawaci dan Kemang Village, danau ini cukup luas dan banyak kegunaannya. Lalu kami kembali ke meeting room untuk diberikan penjelasan terakhir dan mengisi kuisioner. Tour kami pada kali ini tak terasa sudah berakhir karena waktu menunjukkan pukul 17.50. Waktu terasa singkat dan kurang sekali karena kami masih ingin menjelajahi Kemang Village. Semoga Landscape Tour pada kali ini memberikan manfaat serta ilmu yang sangat berguna dalam dunia lanskap.














Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar