Pages

[PRESS RELEASE] BarBar Tips Dunia Kerja Arsitektur Lanskap ala Fresh Graduated Kece



Malam ini, tepatnya tanggal 13 Mei 2016 Himaskap baru saja melaksanakan suatu kegiatan rutin yang bernama Barbar. Barbar yaitu kegiatan belajar bareng yang dapat berisi sharing pengalaman, sharing mengenai pekerjaan sampai tutor berbagai macam ilmu yang berkaitan dengan dunia Arsitektur Lanskap. Tema barbar malam ini yaitu “Tips Dunia Kerja Arsitektur Lanskap ala Fresh Graduated Kece” dengan konsep talkshow. Narasumber barbar yang hadir yaitu Elisa Noviyani (ARL 48) dan Remiya Samantha (ARL 48).

Acara dimulai dengan pembukaan dari para Host atau MC dari Barbar kali ini, yaitu Vega Erdiana (ARL 50) dan Andika (ARL 51). Lalu host sendiri melakukan sharing terdahulu mengenai IFLA dan kegiatan lomba yang diadakan IFLA yang diikuti oleh Vega dan timmnya. Hingga saatnya kedatangan dua narasumber kita yang mencengangkan, memecahkan suasana hening menjadi meriah.

Kemudian acara dilanjutnya dengan sesi talkshow diantara host dan narasumber dan sesi tanya jawab dari peserta yang cukup antusias.  Berikut ini adalah pengalaman dan pelajaran yang didapatkan dari dua narasumber Barbar malam ini. Seorang fresh graduated  tentunya akan segera mencari pekerjaan demi memenuhi kebahagiaan orangtua. Mulai dari membuat CV hingga mengirimkan lamaran kerja ke berbagai perusahaan serta diinterview perusahan tersebut. Memang tidak mudah, namun semuanya perlu dicoba dengan modal nekat. Jangan takut untuk mencoba, kirim saja lamaran kerja kesana-sini dan jangan minder dengan diri yang belum berpengalaman. Jika sudah berusaha, sisanya hanya tinggal mengandalkan doa dan hoki.

Menjadi diri sendiri, menciptakan zona nyaman hingga menambah wawasan merupakan kiat yang harus ditanamkan oleh fresh graduated Arsitektur Lanskap dalam dunia kerja. Menjadi diri sendiri merupakan salah satu hal yang dapat menciptakan zona nyaman saat bekerja. Rasa nyaman merupakan indikator timbulnya kejenuhan saat bekerja, semakin nyaman kita berada pada suatu situasi maka kejenuhan yang di dapat akan semakin sedikit. Menambah wawasan merupakan poin penting dalam dunia kerja. Wawasan yang diperoleh saat kuliah akan berbeda saat berada di dunia kerja. Peluang memperoleh pengalaman baru yang tidak didapatkan selama kuliah akan di dapat apabila kita berani mencoba sesuatu dan berani belajar. Mungkin mahasiswa biasanya masih idealis dengan hal yang dia sukai, namun tidak dalam dunia kerja. Dalam dunia kerja ideal akan terpatahkan, karena suka atau tidak suka tetap harus dilakukan. Terutama jika menghadapi atasan maupun klien. Acara Barbar kemudian ditutup dengan penyerahan bingkisan dari panitia kepada narasumber. [Rofifah Aulia & M Arsyad Danial/INFOS HIMASKAP]



Dua host Barbar, Vega (ARL 50) dan Andika (ARL 51)



Pengenalan dan penampilan profil narasumber


Kedatangan Kak El (ARL 48) dan Kak Miya (ARL 48)



    
Sesi talkshow, yang serius vs. canda tawa



Suasana bengkel yang ramai dan penuh tawa



Antusias peserta untuk bertanya


Kak Miya dan Kak El yang menjawab pertanyaan diselingi candaan

Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar