Pages

[PRESS RELEASE] Studi Banding HIMASKAP-HIMATESIL


Senin, 28 Maret 2016 HIMASKAP IPB mendapat kunjungan studi banding dari HIMATESIL(Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan). Baik HIMASKAP dan HIMATESIL keduanya memiliki banyak sekali pengurus yang hadir. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui segala cara penyelesaiannya serta sarana menjalin silaturahmi antar mahasiswa. Harapannya dari kegiatan mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan informasi terkini, serta isu-isu dalam berorganisasi dan mengetahui tentang cara berorganisasi serta mengetahui segala cara penyelesaiannya sekaligus sebagai sarana menjalin silaturahmi.

Acara ini dimulai pada pukul 19.00 WIB di Studio Pencanaan Departemen Arsitektur Lanskap IPB, yang dibuka oleh Salah satu pengurus dari HIMATESIL dan juga Zipora dari HIMASKAP sebagai MC dan diteruskan dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Faqih N. Umam dari HIMATESIL. Acara selanjutnya yaitu sambutan. Sambutan pertama dari Kadiv PR HIMATESIL, Septiawan A. Zuhri dilanjutkan dengan sambutan Kadiv Eksternal HIMASKAP, Vega Erdiana DE.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan presentasi profil HIMASKAP IPB terkait struktur organisasi, program kerja, tugas dan wewenang HIMASKAP IPB oleh ketua HIMASKAP, Setia Permana. Diselingi oleh hiburan dari Himatesil berupa nyanyian lagu yang diiringi oleh gitar. Hiburan ini cukup heboh hingga membuat para pengurus ikut bernyanyi dan terbawa suasana. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi profil HIMATESIL. Setelah itu diselingi kembali oleh hiburan dari HIMASKAP yaitu penampilan pantomime dari Laksono Martadi mahasiswa ARL 50. Penampilan pantomime tersebut membuat para pengurus tertawa dengan puasnya karena penampilannya yang menakjubkan.

Acara ini berjalan cukup baik jika dilihat dari target tujuan yang ditetapkan telah tercapai. Peserta mendapatkan pengetahuan serta informasi mengenai kondisi serta isu-isu dalam berorganisasi dan mengetahui segala penyelesaian masalah dalam berorganisasi. Hanya saja ada beberapa evaluasi terkait publikasi yang sudah baik hanya saja belum dimaksimalkan. Peserta yang hadir pun hampir semua hadir, hanya beberapa saja yang tidak mengikuti, direkomendasikan untuk memberikan konsekuensi bagi yang tidak hadir. Waktu pelaksanaan yang cukup baik dilihat dari banyak peserta yang dapat hadir.


Acara diakhiri pada pukul 20.50 dengan penyerahan plakat dari masing-masing himpunan. Selanjutnya dilakukan penutupan serta foto heboh bersama diantara pengurus sebagai kenangan yang melakat di hati.[M Arsyad Danial/INFOS HIMASKAP]





[Photo by: Tsara Nuha A/INFOS HIMASKAP]

Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar