Pages

CONGRATULATION FOR THE CHAMPION OF INDONESIA LANDSCAPE DESIGN COMPETITION (ILDC) 2015


Indonesia Landscape Desain Competition (ILDC) 2015 telah sampai pada puncaknya, 17 Oktober 2015. ILDC merupakan salah satu kegiatan Himaskap berupa sayembara desain skala nasional dengan sasaran mahasiswa S1 Arsitektur Lanskap, Arsitektur, Teknik Sipil dan Lingkungan, dan jurusan-jurusan terkait. Hari puncak ILDC berupa Open Judging tahun ini dilaksanakan di balaikota bogor dengan menghadirkan tamu terhormat Walikota Bogor yang diwakilkan oleh Wakil Walikota Bogor, Pak Usmar Hariman yang juga merupakan alumni Arsitektur Lanskap IPB. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Omar Design, Burung Indonesia, Ketua Departemen ARL IPB, Komisi Kemahasiswaan ARL IPB, Dewan Juri, Mahasiswa arsitektur lanskap IPB, dan peserta finalis ILDC 2015 tentunya.
ILDC pada tahun ini yang diketuai oleh Isrofi Dwi Subarkah(ARL 49) mengusung tema "Green Corridor Area to Support Bird Conservation" di Taman Hutan Kota Ahmad Yani, Jl. Dadali-Air Mancur dan dimulai dari 4 Juli-17 Oktober. Sayembara desain ini diikuti oleh Mahasiswa/i dari berbagai Universitas di Indonesia dan berhasil mengumpulkan 12 karya peserta. Karya desain tersebut menjalani dua tahap seleksi yaitu:
- penjurian tertutup pada 16 September 2015 yang menghasilkan 5 karya terbaik dan
- Penjurian Terbuka pada 17 Oktober 2015 berupa presentasi dari 5 finalis untuk menentukan peringkat 1 sampai 5.
Peringkat pertama dengan total hadiah Rp. 7.000.000 berhasil diraih oleh finalis dari departemen arsitektur lanskap IPB yaitu Annisa Rachma (Nina Annisa) dan Fadli Tariaz Dwi Laksono (ARL 49) dengan judul "FOLK-COLOGY" dengan konsep konservasi vegetasi satwa yang kuat dan keterhubungan antara manusia dan alam sesuai dengan tujuan pengembangan menjadi senjata tangguh dari tim bernomor 009 ini. Selanjutnya disusul oleh:
2nd (Rp. 4.000.000) : Finalis UGM (Natasha Nurul dan Bayu Kusuma – Peserta 025)
3rd (Rp. 2.000.000) : Finalis Universitas Pancasila (Muhammad Arif Nurdin - Peserta No 013)
4th (Rp. 1.000.000) : Finalis Universitas Brawijaya (Agus Mujahid – Peserta No 019)
5th (Rp. 500.000) : Finalis Universitas Brawijaya (Anggara dan Femala Labina – Peserta No 27)
Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampiran Mahasiswa khususnya Arsitektur Lanskap dan jurusan terkait serta dapat memotivasi dalam mencari ilmu pengetahuan untuk menjaga keberlangsungan dan harmonisasi antara makhkluk dan lingkungannya.
Ucapan terima kasih banyak kepada pihak Sponsor, Media Partner, dan Pihak-pihak terkait yang turut mensupport sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
Semoga Karya-karya ILDC dapat menjadi pertimbangan oleh stakeholder terkait untuk pengembangan Hutan Kota Bogor dan dapat memberi manfaat langsung untuk masyarakat sekitar. ILDC yang merupakan kegitan Dwi tahunan, kali ini diusungkan akan dijadikan kegiatan tahunan Himaskap. Mohon dukungan dari berbagai pihak khususnya keluarga arsitektur lanskap IPB demi kelancaran dan kesusksesan kegiatan kemahasiswa Arsitektur Lanskap. Semoga ILDC 2016 dapat berjalan dengan baik.

Himaskap 2015



Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar