Pages

[PRESS RELEASE] Rangkaian Ornamen Atlantis 2015 (MPD 51)

Memasuki semester tiga adalah masa paling penuh harapan bagi mahasiswa IPB karena saat itu mereka telah lulus dari Tahap Persiapan Bersama dan ‘benar-benar’ terjun di dunia departemen masing-masing. Maka dari itu perlunya adaptasi bagi mahasiswa angkatan baru (51/2015) dengan lingkungan departemennya.

Ciri khas acara Masa Perkenalan Departemen di Departemen Arsitektur Lanskap adalah ORNAMEN sebagai singkatan dari Orientasi Masuk Departemen. Sertiap tahunnya, setiap angkatan memiliki tema Ornamennya masing-masing. Tahun ini Ornamen untuk angkatan 51 mengusung konsep Atlantis. Hal ini sesuai dengan ranah pandang dunia arsitektur lanskap yang tidak hanya membahas tentang daratan melainkan juga pesisir (coastal scape) dan juga laut (sea scape), sehingga tercetuslah adanya ORNAMEN ATLANTIS.

Departemen Arsitektur Lanskap mengadakan berbagai rangkaian acara seperti gathering, games dan acara-acara lainnya dalam rangkaian acara Masa Perkenalan Departemen (MPD) Ornamen Atlantis guna mengakrabkan antar angkatan serta membantu mahasiswa baru mengenal dunia arsitektur lanskap.

GATHERING 1 ARL 51

Gathering pertama Arsitektur Lanskap Angkatan 51 berlangsung pada hari kamis sore tanggal 12 Februari 2015 di depan gedung Graha Widya Wisuda. Acara berlangsung dari pukul 17.15 – 18.15 WIB. Pertama, acara dimulai dengan pembukaan oleh panitia. Kemudian pukul 17.20 WIB dilanjutkan dengan perkenalan semua panitia yaitu ARL angkatan 50. Hal ini dilakukan untuk lebih mengenal satu sama lain serta menambah keakraban. Setelah sesi perkenalan selesai, acara selajutnya yaitu memberikan informasi tentang masa perkuliahan semester 3 di ARL itu seperti apa, memperkenalkan alat-alat yang nantinya akan digunakan dan memperlihatkan contoh - contoh tugas atau karya yang sudah dibuat oleh mahasiswa ARL angkatan 50.

Pukul 18.00 WIB acara dilanjutkan dengan sharing-sharing apa saja yang ingin disampaikan antara angkatan 51 maupun 50. Sharing ini berfungsi untuk mengakrabkan satu sama lain serta memberikan gambaran yang akan mereka hadapi disemester 3 nanti. Setelah itu acaranya pun selesai dengan penutupan oleh panitia kembali.

GATHERING 2 ARL 51

Gathering ke dua Arsitektur Lanskap angkatan 51 merupakan suatu rangkaian acara untuk mempererat hubungan antar ARL 51 dengan ARL50. Gathering 2 ARL 51 dilaksanakan di Lapangan Rektorat, IPB pada hari Sabtu, 25 April 2015 lalu. Acara yang berlangsung dari pukul 07.00 – 12.30 WIB. Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu mobilisasi ARL 51 dari depan gedung GWW menuju Lapangan Rektorat. Sesampainya di Lapangan Rektorat mahasiswa ARL 51 berbaris di lapangan sebagai pertanda acara dimulai pada pukul 07.20 WIB, kemudian mereka diberikan pengarahan untuk rangkaian acara yang akan berlangsung dengan membagikan mereka menjadi beberapa kelompok dan menugaskan untuk membuat yel-yel disetiap kelompok.

Setelah pengarahan, kegiatan selanjutnya yaitu games yang dibagi di beberapa pos – pos yang sudah diberitahu. Di setiap pos diberikan games serta materi yang berbeda, materi tersebut tentang perkerasan (hard elements), vegetasi (soft elements), rendering & bayangan, serta pewarnaan. Selanjutnya didapatkan hasil akhirnya berupa siteplan dan presentasi dari setiap kelompok. Setelah semua kelompok presentasi kemudian diumumkan pemenangnya. Diakhir acara diadakan makan siang bersama dan ditutup oleh panitia. Tentunya kegiatan tersebut seru dan penuh tawa canda serta bertujuan sebagai bekal para calon arsitektur lanskap disemester 3 nanti dalam bentuk yang menyenangkan yaitu berupa games-games.

GATHERING 3 ARL 51

Gathering ke tiga Arsitektur Lanskap 51 dilaksanakan di lapangan parkir GWW pada hari Sabtu, 30 Mei 2015 lalu. Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung sekitar kurang lebih 6 jam lamanya. Di acara tersebut turut hadir pula senior-senior ketika acara berlangsung. Acara dibuka oleh Annisa Rahmatia dan Rully Refian Bismoko sebagai Master Ceremony (MC) pada gathering kali ini.

Rangkaian acara meliputi sambutan dari Yanwar Dayu dan Kartika selaku Adam Hawa ARL 50, kemudian penjelasan secara umum mengenai MPD di Arsitektur Lanskap yang disebut dengan Ornamen (Orientasi Masuk Departmen) oleh Raful Kalam selaku Ketua Pelaksana MPD 51.


Acara selanjutnya, ARL 51 berkumpul sesuai kelompok yang dibagikan bersama PJK, Medis, dan Komdis kelompoknya untuk membicarakan perihal tugas MPD yang diberikan serta di setiap kelompok harus memberikan perwakilan anggota kelompoknya untuk ditunjuk sebagai calon adam hawa ARL 51 yang sebelumnya telah dijelaskan terlebih dahulu apa tugas dan kewajiban seorang Adam Hawa oleh Yanwar Dayu serta Kartika sebagai Adam Hawa ARL 50.

Ciri khas dari kegiatan Ornamen di setiap tahunnya adalah adanya gerakan Ornamen. Setiap gerakan memiliki makna dan ciri khas untuk memperkenalkan dunia arsitektur lanskap kepada mahasiswa baru, dalam hal ini angkatan 51. Konsep seperti flash mob dengan gerakan yang ceria dan semangat merupakan penyederhanaan dalam menyampaikan makna. Pada gathering 3 ini, PJK memberikan latihan gerakan Ornamen di masing-masing kelompok. Setelah PJK memberikan contoh, seluruh ARL 51 mempertunjukan gerakan ornamen yang telah dipelajari secara bersamaan dan gerakan yang salah akan dikoreksi. Selanjutnya diakhiri dengan mengingatkan kembali tugas-tugas untuk MPD yang harus dipenuhi oleh ARL 51 dan diakhiri dengan salam penutup oleh MC sebagai pertanda bahwa acara telah selesai.

PEMILIHAN ADAM HAWA ARL 51 (TAHAP 1)


Pada hari minggu, 2 agustus 2015 mahasiswa Arsitektur Lanskap mengadakan acara Pemilihan Adam Hawa ARL 51 Tahap 1 di Amphiteater dan koin ipb. Acara dimulai pukul 12.30 - 18.00 WIB. Acara tersebut dibuka oleh MC yaitu Fitri Amalia dan Satrio Wibowo dan dipimpin oleh moderator yaitu Agah Rifky ARL 50. Sebelumnya calon Adam Hawa yang terpilih dari setiap kelompoknya maju dan membentuk setengan lingkaran. Calon adam hawa ARL 51 ada 9 pasang, tepatnya 18 orang yaitu Ojan, Adit, Yandi, Bagus, Reza, Abdur, Andika, Robby, Taufik, Rahmi, Amira, Puti, Utari, Aya, Nurul, Eca, dan Aqlima. Selanjutnya mereka diminta oleh moderator untuk menyampaikan visi dan misi mereka lalu dibuka sesi tanya jawab dan diperbolehkan bagi ARL 51 serta para senior unruk memberikan pertanyaan kepada calon adam hawa. Setelah calon adam hawa tersebut memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dari kasus yang diberikan teman-teman ARL 51 dan senior kemudian ARL 51 yang lainnya dibawa menjauh dari tempat musyawarah.

Teman-teman ARL 51 lainnya dibawa menuju koin IPB untuk mendiskusikan mengenai karakteristik, perilaku, tingkah laku dari calon adam hawa yang ada dan pada akhirnya dengan musyawarah juga keputusan forum dari teman-teman ARL 51 dikerucutkanlah menjadi 5 pasang calon Adam Hawa 51 yang ingin ditunjuk oleh teman-teman ARL 51. Sedangkan yang dilakukan oleh calon adam hawa ditempat amphitheater yaitu memdapatkan pertanyaa-pertanyaan dari ARL 50 serta senior lainnya untuk mengetahui kekurangan serta kelebihan dari calon adam hawa tersebut. Kemudian teman-teman ARL 51 yang lainnya dikembalikan ke Amphiteater dan dipertemukan dengan calon adam hawa mereka.

Dari hasil sesi tanya jawab yang telah dilakukan terdapat beberapa nama calon adam hawa yang menyatakan tidak mau menjadi adam hawa. Dari nama calon adam hawa yang menyatakan tidak mau terdapat salah satu nama dari 5 pasang calon yang dipilih oleh teman-teman ARL 51 yang telah di diskusikan bersama. Sehingga hal tersebut dibahas langsung dan meminta solusi bagi hal tersebut kepada ARL 51. Solusi yang didapat yaitu bahwa untuk calon adam hawa semuanya harus tetap bersedia apabila di pilih menjadi calon adam hawa karena teman- teman ARL 51 lainnya akan tetap mendukung dan membantu mereka disetiap masalah nantinya. Setelah solusi didapatkan selanjutnya ARL 51 ditanyakan tentang progres tugas MPD yang telah diberikan serta menunjukan gerakan ornament mereka didepan semua ARL 50 dan senior. Sebelum acara ditutup ARL 51 berjanji akan menyelesaikan tugasnya hingga 70% dipertemuan selanjutnya, Acarapun ditutup kembali oleh MC.

PRA-MPD 2015

Tanggal 7 Agustus 2015 merupakan salah satu rangkaian acara Masa Perkenalan Departemen Arsitektur Lanskap IPB yaitu PRA-MPD. Kegiatan ini merupakan persiapan mahasiswa angkatan 51 dalam menghadapi MPD. Waktu dalam penyelenggaraannya berlangsung pukul 07.00 sampai 13.00. Tempat yang digunakan selama kegiatan Pra-MPD ini adalah Bengkel Pro Lanskap, Departemen Arsitektur Lanskap.

Jajaran panitia telah mengundang dan menghadirkan senior maupun alumni dalam membantu keberlangsungan acara. Peran senior dan alumni penting dalam masukan,kritikan dan arahan yang baik. Hal ini pastinya akan menambah dan mempertahankan tali silaturahmi tiap angkatan.

Agenda Pra-MPD kali ini adalah pengecekan tugas individu, kelompok, dan angkatan bersama PJK masing-masing, kemudian inventarisasi Taman Koleksi Arsitektur Lanskap sebagai tapak yang akan menjadi tempat salah satu tugas kelompok yaitu re-design taman. Lalu, panitia kembali lagi mengecek gerakan Ornamen dan membetulkan gerakan yang kurang tepat. Seluruh penugasan untuk hari-H dicek untuk mengukur kesiapan peserta dan mempersiapkan mereka agar siap menghadapi MPD yang tinggal mengitung hari.

PEMILIHAN ADAM HAWA ARL 51 (TAHAP 2)

Tanggal 10 Agustus 2015 hari minggu merupakan tahap ke dua dalam pemilihan Adam dan Hawa. Proses pemilihan semakin selektif dengan berbagai tes yang harus dihadapi oleh semua kandidat. Proses seleksi ini disetting sedemikian rupa dengan tempat yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk menambah keakuratan informasi yang diperoleh. Tempat yang digunakan dalam proses ini seperti ruang B1C1, lantai 3 node dan daerah kawasan Fakultas Pertanian. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 12.30 hingga 19.30

Peran senior dan alumni dapat membantu dalam tahap seleksi. Pertanyaan juga diajukan oleh beberapa senior dan alumni. Sedangkan untuk pemisahan non kandidat tetap dilakukan di Bengkel Pro Lanskap. Angkatan 51 semakin serius dalam memilih yang terbaik untuk menjadi kepala dalam angkatan mereka. Karena tentunya mereka yang lebih mengerti dan tau sosok Adam dan Hawa yang mereka harapkan.

Puncak seleksi rangkaian tes berada di tes mental. Tiap-tiap kandidat diajukan pertanyaan oleh senior dan alumni. Semua jajaran alumni, senior dan panitia turut hadir dalam proses seleksi tersebut. hal ini dilakukan dengan fokus dan serius dalam memilih Adam dan Hawa angakatan 51. Tes ini bisa dibilang paling menegangkan diantara tes tes yang lain, karena masing-masing kandidat dapat diketahui secara jelas kesiapan mereka dalam menjadi Adam dan Hawa angakatan 51. Proses diskusi yang dilakukan pun semakin mengerucut. Sehingga didapatlah kesepakatan nama 1 pasang Adam dan Hawa. Hal ini jelas memperhitungkan suara dari angkatan 51.

Perayaan atas terpilihnya Adam dan Hawa ini dilakukan dengan memotong nasi tumpeng dan pemberian tanaman. Hal ini dilakukan secara simbolik oleh Adam dan Hawa angakatan 50 dan 51. Penutup untuk acara ini tentunya berupa makan bersama dengan semua peserta dan panitia. Tidak lupa acara ditutup dengan melakukan gerakan Ornamen Atlantis.

MPD 2015

Masa Perkenalan Departemen (MPD) Arsitektur Lanskap 2015 memberikan suasana dengan tema yang berbeda. Penggambaran pesona laut dapat disajikan dalam tema MPD 2015. Tepat pukul 07.00 tanggal 13 Agustus 2015 hari kamis, kegiatan pun dimulai. Masa Perkenalan Departemen ini bertujuan untuk orientasi terhadap mahasiswa angkatan 51 atau angkatan 2015, sehingga mereka lebih mengerti dan mengenal Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian 2015. Kegiatan ini merupakan RKAT dari Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap dengan ketua pelaksana dari angkatan 50.

Kegiatan MPD 2015 ini bertempat di node Gus Dur, tepat di depan bengkel Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Dekorasi dengan berbalut kain biru ala seascape merupakan ciri khas yang menggambarkan tema MPD tahun ini. Komponen elemen laut sangat ditonjolkan dalam menunjang kreasi acara dalam membuat miniatur seascape. Paduan tatanan lighting dapat menimbulkan kesan hidup untuk membangkitkan semangat peserta MPD 2015.

Kegiatan MPD ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa angkatan 51, yang berjumlah 76. Bahkan senior dan alumni turut serta dalam meramaikan acara. Kegiatan MPD mengahdirkan sejumlah pembicara yang hebat dan berkualitas dengan materi- materi yang diberikan. Pembicara yang hadir pada kegiatan tersebut adalah Bu Fitriyah Nurul H. Utami dalam pengenalan komdik, Bu Rossydamayanti memberikan materi tentang kedisiplinan dan pengenalan PKM, bapak Hadi Susilo Arifin yang berkaitan dengan dunia Ruang Terbuka Biru (RTB), serta Bu Is sebagai ketua IALI menyampaikan dan memperkenalkan dunia arsitektur lanskap lebih dalam lagi. Modal materi ini ditujukan untuk menambah pengetahuan mahasiswa angkatan 51 tentang dunia arsitektur lanskap. Kemudian, peserta juga dihibur dengan lantunan musik dari Landcoustic dan Santana Meda (ARL50) sebagai hiburan sebelum istirahat makan siang dan sholat.

Selain mendapatkan materi dari dosen-dosen, peserta juga disajikan gelaran Expo. Adanya Expo yang bertempat di Ruang Studio ini menyajikan berbagai macam karya Arsitektur Lanskap dan peralatan yang dipakai. Tidak sampai disitu saja, aplikasi dalam penataan tanaman juga dipraktikkan langsung. Tugas re-design taman yang sebelumnya diberikan di pilih yang terbaik kemudian dipraktekkan langsung di taman koleksi Arsitektur Lanskap IPB. Rangkaian acara ini dibuat semenarik mungkin sehingga lebih tersampaikan maknanya. Acara hari itu diakhiri dengan gerakan Ornamen bersama, baik Ornamen 51 maupun 50 setelah sebelumnya evaluasi dan bermaaf-maafan jika selama rangkaian acara terdapat kesalahan antar peserta dan panitia.


Rangkaian acara Ornamen Atlantis 2015 selanjutnya adalah Fieldtrip Ornamen Atlantis yang akan diadakan pada tanggal 3-4 Oktober di Villa Kampoeng Djawa, Gunung Geulis-Gadog. Acara ini akan menjadi puncak dari seluruh rangkaian acara Ornamen Atlantis 2015 yang akan dihadiri oleh mahasiswa berbagai angkatan, serta alumni dan dosen.

Salma Fadhilah

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar