Pages

[Press Release] BARBAR 12 April 2015

Belajar Bareng Ka Ina

(Minggu, 12 April 2015) Departemen Arsitektur Lanskap kedatangan tamu istimewa yaitu alumni ARL Angkatan 46 sebut saja Ka Ina Winiastuti yang sukses bekerja sebagai Landscape Design and Planning di sebuah perusahaan konsultan yang terkenal yaitu PT. AECOM (Architecture Engineering Consuling Operation Maintainance) ; penyedia global layanan dukungan teknik dan manajemen profesional bagi klien pemerintah dan komersial di seluruh dunia untuk berbagai pasar yang mencakup Architecture , Building Engineering, Construction Services, Design and Gas, Program, Cost, Consultancy, Program Management, Transportation dan Water.

PT. AECOM memiliki cabang perusahaan di Indonesia yang terletak di Jakarta. 
AECOM di Indonesia memiliki tim multidisiplin lebih dari 120 profesional yang memiliki pengetahuan lokal akut dan keahlian yang mendalam. Tim ini bekerja sama dengan kekuatan global 45.000 ahli dari lebih dari 140 negara untuk memberikan solusi yang disesuaikan dengan pemahaman konteks lokal. Perusahaan ini sering memegang projek-projek besar yang ada di Indonesia seperti Pembangunan Bali Turtle Island, Proyek perencanaan Bandung Technopolis Guru, dll.

Landscape Design and Planning 
yang merupakan bidang yang ditekuni oleh Ka Ina memiliki beberapa tahapan. Tahapan dalam design pun berbeda dengan tahapan planning. Sebelum memasuki tahap pertama dalam Design terlebih dahulu memasuki tahapan project biding yakni dimana setiap perusahaan berlomba untuk memenangkan tender baik yang diberikan oleh swasta ataupun pemerintah. Tahap pertama design diawali dengan site survey, vision, dan key initiative, sedangkan tahap kedua design ialah scematic design dimana terjadi seleksi material, perencanaan dll. Tahap selanjutnya ialah design development dan tahap yang terakhir ialah construction document.

Sedangkan tahap pertama planning meliputi landscape vision, landscape framework, dan landscape strategy. Tahap kedua planning merupakan tahap conceptual design dan conseptual diagrammatic section. Tahap ketiga ialah tahap design development dan tahap terakhir merupakan tahap final report.

Diadakannya BarBar kali ini bertujuan untuk  memperkenalkan dunia landscape serta dunia kerja seorang Arsitek Lanskap kepada Mahasiswa Arsitektur Lanskap IPB. Ka Ina mengatakan bahwa dunia perkuliahan dan dunia kerja itu sangat berbeda sebab dunia kerja pada kenyataannya lebih berat dibandingkan ketika kita masih berada di dunia perkuliahan. Untuk itu kita sebagai mahasiswa Arsiektur Lanskap tidak boleh mengelompok-kelompokkan ilmu yang kita dapatkan, melainkan harus dapat menguasai semua ilmu tersebut seperti ilmu perencanaan, desain, dan pengelolaan Lanskap.

Kak Ina berpesan kepada kita semua “Apabila kita ingin menjadi seorang Arsitek Lanskap yang sukses maka kita harus mencoba untuk melakukan hal-hal berikut: tryng to increase graphic skills and knowledge (ex: joint in student design competition, intern in one landscape design company, and join in several landscape project), managing time and being responsible (ex: working efficiently and fulfill deadline on time), learning o be adaptable person, open mind and dare to try something new, trying to work on a team, dan trying to increase communication skill.”

Antusiasme peserta BarBar kali ini sangat tinggi, terbukti dengan cukup banyaknya peserta yang hadir mulai dari angkatan 51, angkatan 50, angkatan 49, serta angkatan 48. Peserta sangat antusias terhadap materi yang disampaikan oleh Ka Ina apalagi beliau memberikan kabar gembira bahwa AECOM Indonesia menerima magang bagi mahasiswa Arsitektur Lanskap yang sudah melewati semester enam selama waktu tersebut kosong dan tidak mengganggu kegiatan perkuliahan. Selain itu, mahasiswa yang masih sedang menulis skripsi pun diijinkan untuk magang di perusahaan AECOM Indonesia. Sebagai informasi, salah satu seleksi magang ini ialah wawancara dengan menggunakan Bahasa Inggris karena kebanyakan petinggi AECOM berasal dari negara lain.

Salah satu inspirator Landscape sudah berbicara banyak kepada kita sebab “Belajar tidak cukup dari pengalaman diri sendiri tetapi juga belajar dari pengalaman orang lain”. Semoga BarBar ini dapat memberikan manfaat serta semangat kepada Mahasiswa Arsitekur Lanskap untuk terus berkarya demi lingkungan yang lebih baik. Di tunggu BarBar selanjutnya ya….


Release by Keprofesian Himaskap
Publish by Infos Himaskap



Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar