[PRESS RELEASE] ARCHITECTOUR 2015


(Sabtu, 18 April 2015) Departemen Arsitektur Lanskap melaksanakan tour yang dinamakan dengan ARCHITECTOUR. ARCHITECOUR merupakan kegiatan dari divisi eksternal  HIMASKAP yang bertujuan untuk bememperkenalkan bidang arsitektur lanskap di dunia kerja.. Di Architectour kita bisa lebih mengenal bidang keprofesian kita, yaitu arsitektur lanskap dengan mengadakan tour lapang. Kegiatan Architectour diikuti oleh 50 mahasiswa. Rangakain acara ini yaitu materi dari IALI dan kunjungan ke PT. Alam Sutera Realty, Tbk.
Rangkaian acara yang pertama yaitu materi dari IALI yang disampaikan oleh Dr. Ir. Siti Nurisjah, MSLA (yang biasa dpanggil Bu Is). Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dan dilaksanakan di ruang sidang Faperta. IALI  yang memiliki kepanjangan Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia merupakan tempat berkumpulnya para arsitek lanskap Indonesia berkumpul dan berorganisasi. IALI berdiri pada tahun 1978 dan pemimpin pertama yaitu Bapak Zain Rahman. Bu Is yang dijuluki sebagai seorang motivator hebat ini adalah ketua umum PN IALI. Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) terdiri dari 17 pengurus daerah dan 3 pengurus cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Pengurus IALI kebanyakan lulusan dari Departemen Arsitektur Lanskap IPB. IALI juga bertugas untuk mempertimbangkan dan mengeluarkan sertifikasi berupa SKA dan SKT. SKA merupakan sertifikasi profesi yang  dapat menjamin kita mendapatkan pekerjaan. SKA ini sedang diupayakan menjadi syarat bagi arsitek lanskap dari luar yg ingin bekerja di Indonesia. Untuk mendapatkan SKA harus mempunyai pengalaman kerja kurang lebih  selama 2 tahun. SKT merupakan sertifikasi keterampilan. SKT diberikan untuk tingkat junior. Rangkaian acara pertama ini diakhiri dengan diskusi.
Rangkaian acara selanjutnya yaitu kunjungan ke PT. Alam Sutera Realty, Tbk. Kunjungan ke PT. Alam Sutera Realty, Tbk ini disambut ramah oleh mas Harlan (alumni Departemen Arsitektur Lanskap IPB) dan Pak Marthin. Kunjungan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yaitu penyampaian materi oleh mas Harlan dan Pak Marthin mengenai developer dibidang properti yang dilaksanakan di gedung Marketing Office Alam Sutera. Developer merupakan pengembang dibidang properti dan mempunyai hak untuk menjual. Alam Sutera merupakan salah satu developer dibidang properti yang sangat terkenal di Jakarta. Materi yang disampaikan oleh mas Harlan dan Pak Marthin sangat menarik mulai dari sistem kerja dalam pembuatan konsep desain hingga maintenance. Sesi kedua yaitu penyampaian materi di lapang (studi kasus) dan dilaksanakan di danau yang terletak dibelakang marketing office Alam Sutera. Danau mempunyai fungsi sebagai public space yang mempunyai sasaran user  dari residential dan penduduk sekita. Danau ini juga berfungsi sebagai drainase. Danau memiliki konsep desain yang mengutamakan nilai sosial. Seorang Arsitek Lanskap sangat dibutuhkan dalam pembuatan masterplan agar tercipta ruang yang sesuai dengan lingkungan dan mempunyai nilai fungsional dan estetik.
Kegiatan Architectour ditutup dengan nasihat oleh mas harlan.” Semoga ilmunya bermanfaat dan tetap mencari ilmu ya..” sampai jumpa di architectour tahun depan.

Komentar