Pages

Pojok Keprofesian HIMASKAP

Sebuah acara yang fresh dan baru dari divisi keprofesian, “POJOK KEPROFESIAN” telah sukses digelar pada Hari Minggu, 21 April 2013 bertempat di Studio Perencanaan ARL. Acara diawali dengan pembukaan lalu kata sambutan oleh Ketua Panitia (Ananda 47), Ketua HIMASKAP (Adhrid 47), dan Ketua Departemen ARL (Ibu Siti Nurisjah).


Kemudian acara dilanjutkan dengan dua sesi  talkshow yang diselingi oleh hiburan dari kawan ARL 48. Sesi pertama talkshow mengenai Proffesional Session yang dimentori oleh Ka Annisa Hasanah dengan pembicara Kartika Wulandari (consultant), Deka Syaumpraninra (developer) dan Rachmat Nurhadi (owner consultant).  Sesi kedua dibawakan oleh Kak Zai dengan pembicara Pak Thermy Kendra Putra dan dosen tercinta Pak Bambang Sulistyantara. Setelah diselingi dengan Ishoma dan penampilan dari ARL 47, acara dilanjutkan dengan peluncuran website alumni ARL IPB yang disampaikan oleh perwakilan alumni ARL, Bang Ariev Budiman. Acara dilanjutkan kembali dengan Forum Discussion Group dimana ini adalah sesi diskusi antara peserta dan pembicara.


Secara keseluruhan Pojok Keprofesian telah berhasil membuka mata dan menambah wawasan para peserta maupun panitia yang hadir tentang dunia kerja ARL. Ucapan terima kasih patut diberikan kepada panitia yang telah mempersiapkan acara dengan matang. Hal yang dapat ditangkap dari acara Pojok Keprofesian 2013 adalah jangan takut untuk menghadapi masa depan di bidang lanskap. Peluang kerja di bidang arsitektur lanskap sangatlah besar dengan bertambahnya kesadaran masyarakat akan lingkungan.  Maka dari itu ayo dari sekarang kita belajar sungguh-sungguh demi menjadi seorang arsitek lanskap yang membuat lingkungan hidup kita lebih baik lagi.

(INFOS/GRC)





Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai arsitektur
    Sungguh mengisnpirasi untuk orang-orang yang memiliki jiwa seni desain untuk para arsitek.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Arsitektur yang bisa anda kunjungi di Arsitektur

    BalasHapus