Pages

Kabar Baik Dari Divisi Eksternal: Bangkitnya Perhimpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap Indonesia (Perhimali)


Pada hari Minggu, 3 Maret 2013 kemarin, telah diselenggarakan pertemuan antara IPB, Trisakti, dan ISTN untuk membicarakan keberlanjutan Perhimali. Di sekretariat himpunan Arsitektur Lansekap (AL) Trisakti, berkumpullah 6 perwakilan Himaskap IPB (Sheba47, Dencong47, Ria47, Aliya47, Indra47, Rifqi48), 4 perwakilan ISTN, dan 4 perwakilan Trisakti. 
Poster 'Coming Soon' Mubes 
Pertemuan ini bertujuan untuk sosialisasi dan diskusi mengenai kegiatan yang sebentar lagi akan diadakan, yaitu Pra Musyawarah Nasional Perhimali (Pramunas Perhimali) pada tanggal 23-24 Maret 2013 di Kampus IPB Dramaga. Perhimali (Perhimpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap Indonesia) adalah sebuah wadah yang dibentuk pada tahun 2002 oleh IPB, Trisakti, UBR, Unila, dan Unibraw dengan tujuan mempersatukan seluruh mahasiswa Arsitektur Lanskap Indonesia dalam sebuah wadah organisasi. Namun sayangnya, kini Perhimali mulai tenggelam termakan waktu. Kesibukan sebagai mahasiswa arsitektur lanskap dalam waktu dan tempat yang berbeda menghalangi penyelesaian perancangan Perhimali sehingga kisah Perhimali kandas di tengah jalan tanpa pewarisan. Oleh karena itu, di tahun 2012 kemarin, isu Perhimali tersebut diangkat kembali. Hingga saat ini, baik IPB, Trisakti, ISTN, dan UBR, bersama-sama berupaya merencanakan kebangkitan Perhimali.
Pada pertemuan lalu, pihak IPB sebagai panitia utama menginformasikan garis besar konsep dan tujuan acara sekaligus mengundang pihak Trisakti dan ISTN untuk hadir dalam acara Pramunas Perhimali tanggal 23-24 Maret 2013. Pihak Trisakti dan ISTN memberikan saran dan masukan, serta menawarkan bantuan untuk kesuksesan acara ini. Dari diskusi tersebut, disepakatilah bahwa pertemuan tanggal 23-24 nanti bukanlah Pramunas Perhimali, namun masih berupa Musyawarah Besar Mahasiswa Arsitektur Lanskap Indonesia (Mubes MALI). Hal utama yang akan didiskusikan pada Mubes MALI tersebut adalah bentuk Perhimali ke depannya, apakah tetap sebagai organisasi, atau hanya sekedar forum atau komunitas. Setelah semua universitas (IPB, Trisakti, ISTN, UBR, Unila*, Unbraw*) mencapai kesepakatan, barulah dibahas rencana masa depan dari Perhimali (organisasi) atau FMALI (forum). Namun, apapun kesepakatannya nanti, diharapkan baik Perhimali maupun FMALI dapat merangkul dan mempersatukan mahasiswa Arsitektur Lanskap di seluruh Indonesia demi dunia yang lebih baik. J (Eksternal)

Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar