Pages

ARL Juara Umum ACTION di SERI-A & ACTION 2013


SERI-A & ACTION, ajang tahunan yang paling bergengsi di Fakultas Pertanian IPB telah berakhir. Agent-agent ARL yang sudah berjuang dengan susah payah, menguras waktu dan tenaga, akhirnya bisa beristirahat dengan lega dan menuai bibit-bibit kemenangan yang telah mereka tanam. Dengan dukungan dari para suporter yang tanpa henti dan juga semangat juang yang terus disalurkan oleh RAPIDOMAN, agent-agent ARL berhasil menuai prestasi yang sangat membanggakan. SERI-A & ACTION tahun ini mengalami banyak perubahan dari tahun-tahun sebelumnya, yang tadinya hanya ada satu juara umum menjadi dua juara umum: juara umum SERI-A dan juara umum ACTION.

Banyak agent-agent ARL yang mengalami kekalahan di ajang olahraga SERI-A, bahkan, olahraga basket putra yang beberapa tahun belakangan ini selalu meraih piala emas, kali ini tidak berhasil mempertahankan gelar tersebut. Di balik kekalahan-kekalahan itu, ternyata agent-agent yang bergerak di bidang seni malah mendominasi dan banyak meraih kemenangan di ajang ACTION. Bagaimana tidak, agent-agent ACTION ARL berhasil menyabet 7 piala emas tahun ini, yaitu untuk kategori:
  1. Comic Strip oleh Nur Hepsanti'47
  2. Solo Pop Putra oleh Bagus Tri'47
  3. Solo Dangdut Putri oleh Mbak Win'45
  4. Monolog oleh Bagus Tri'47
  5. Tulis Lakon oleh Bagus Tri'47, dan
  6. Lukis oleh Fajar Rahma'48
  7. Baca Puisi oleh Amalia'48
Tidak hanya piala emas, banyak juga piala perak yang telah dimenangkan oleh agent-agent ARL, baik dari SERI-A maupun ACTION, yaitu untuk kategori:
  1. Lompat Jauh Putra oleh I Made'47
  2. Marathon Putra oleh Faza Fazrin'48
  3. Sprint Putra oleh Rahardian Agung'48
  4. Tim Basket Putri
  5. Tim Sepak Bola Putra
  6. Tim Catur
  7. Solo Dangdut Putra oleh Alam Setia'48, dan
  8. Tim Vocal group "Vocal Point"

ARL Mengguncang Auditorium Toyib

Di akhir rangkaian SERI-A & ACTION 2013, panitia mengadakan acara malam penutupan pada selasa malam, 26 Maret 2013. Seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian IPB diundang untuk hadir dalam acara tersebut. Dihadiri oleh bapak Dekan Faperta beserta petinggi-petinggi dan dosen-dosen Faperta lainnya, Auditorium Toyib juga diramaikan oleh mahasiswa-mahasiswa dari keempat departemen Faperta: Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Departemen Agronomi dan Hortikultura, Departemen Hama dan Proteksi Tanaman, dan tentu saja Departemen Arsitektur Lanskap.

Malam penutupan tersebut dibuka oleh penampilan juara 1 perkusi oleh AGH yang sangat memukau, dilanjutkan oleh beberapa sambutan dari ketua acara dan Bapak Dekan Faperta. Penampilan agent ARL yang pertama dilakukan oleh agent Bagus Tri'47, yang merupakan juara 1 solo pop putra, menyanyikan lagu 'When You Tell Me That You Love Me' berduet dengan juara 1 solo pop putri.

Penampilan Duet Juara Solo Pop Putra-Putri
Penampilan duet tersebut begitu memukau sekaligus menjadi pemanasan awal bagi para agent-agent ARL yang menghadiri acara tersebut. Aksi-aksi gila dan tidak masuk akal sudah mulai dilakukan oleh beberapa agent yang melambai-lambaikan laptop dan korek api saat penampilan tersebut berlangsung.

Aksi-aksi tidak masuk akal oleh agent-agent ARL
Setelah penampilan duet tersebut selesai, ada beberapa pengumuman juara SERI-A untuk cabang sepak bola, futsal, dan voly. Dalam pengumuman ini, ARL mendapatkan piala perak untuk juara 2 sepak bola yang diwakili oleh M. Ilham Alif, ketua KOALA yang merupakan salah satu anggota tim sepak bola ARL.

M.Ilham Alif (Kedua Dari Kiri) Saat Menerima Piala Perak Sepak Bola
Acara tidak berhenti sampai di situ, penampilan duet lainnya telah disiapkan oleh panitia SERI-A & ACTION, kali ini dari duet juara 1 solo dangdut putra dan juara 2 solo dangdut putri, yang menggantikan Mbak Win ARL 45, juara 1 solo dangdut putri karena berhalangan untuk tampil di acara ini. Namun, ada yang tidak biasa pada penampilan ini, duet juara dangdut tersebut diiringi langsung oleh satpam-satpam Faperta yang ternyata sangat handal bermain alat-alat musik bergenre dangdut. 

Kesempatan ini tentu saja tidak disia-siakan oleh para agent-agent ARL untuk melakukan aksi-aksi memalukan lainnya. Dikarenakan deretan bangku depan diisi oleh para petinggi Faperta, agent-agent memutuskan untuk berjoget asik di belakang deretan bangku ARL. Terdengar aksi teriakan-teriakan seperti "ASIK ASIK JOSS!", "ASTAGFIRULLAHALADZIM", dan lain sebagainya, ditambah dengan aksi gendong-gendongan sambil berjoget di udara oleh beberapa agent yang sudah terlalu terbawa suasana dangdut pada malam itu.

No Comment
Malam itu, seluruh mata tertuju pada deretan bangku ARL (belum jelas untuk sesuatu yang membanggakan atau memalukan).

Ada pun penampilan baca puisi oleh Amalia'48 yang juga merupakan agent ARL. Suasana yang begitu syahdu perlahan-lahan menurunkan tensi civitas akademika Faperta yang terlanjur panas oleh penampilan dangdut sebelumnya. Beberapa penghargaan lainnya juga dibacakan selanjutnya oleh dosen-dosen ARL, yaitu Ibu Nurhayati dan Bapak Ahmad Arifin yang akrab dipanggil Pak Mack. Tampil dengan kacamata hitam bergaya trendinya, Pak Mack yang sebelumnya juga asik ikut dangdutan dengan para agent membacakan penghargaan ini dengan cara yang berbeda, ala Pak Mack. Setelah meneriakkan "Music please!", Pak Mack mulai membacakan juara-juara ACTION yang kali ini dirampok habis oleh agent-agent ARL.

Pak Mack beserta para juara ACTION
Setelah seluruh rangkaian acara selesai, tibalah saat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh agent ARL, pengumuman juara umum dan penyerahan piala tinggi berlapiskan kaca yang sudah dari awal dipajang di depan panggung. Gemuruh mahasiswa AGH mulai bergema saat pengumuman juara umum SERI-A yang diraih oleh Departemen Agronomi dan Hortikultura. Sesaat setelah AGH meneriakkan jargon departemennya, agent-agent ARL sudah berdiri dari bangkunya masing-masing, seakan tidak sabar untuk menunggu piala ACTION dianugerahkan kepada departemennya. Teriakan-teriakan histeris terdengar saat dibacakannya pengumuman juara umum ACTION yang jatuh kepada Departemen Arsitektur Lanskap. Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap, Adhrid, maju ke atas panggung untuk menerima piala ACTION tersebut dan menyorak-nyorakannya ke arah deret bangku ARL yang sudah berloncat-loncatan merayakan kegembiraan ini.

KAHIM menerima piala ACTION
Acara foto bersama seluruh civitas akademika ARL yang hadir pada malam itu, termasuk Ibu Nurhayati di dalamnya, dilakukan di depan board SERI-A & ACTION, bersama dengan deretan piala yang telah diraih susah payah oleh para agent ARL.

Foto bersama seluruh civitas akademika ARL yang hadir di acara tersebut


ARL TUMPENGAN

Perayaan kemenangan ARL tidak habis sampai acara malam penutupan tersebut berakhir. Agent-agent ARL telah menyiapkan acara tumpengan di bengkel lanskap yang terbuka untuk seluruh mahasiswa Departemen Arsitektur Lanskap. Spanduk raksasa RAPIDOMAN yang digantung di node pinus menjadi spot utama untuk foto-foto oleh para agent yang tidak mau melewatkan kesempatan emas ini.

Setelah sambutan dan ucapan terima kasih yang dilakukan oleh ketua divisi PSDM, Nur Faizah Rani yang akrab dipanggil Ijah, KAHIM yang tidak ingin kalah eksis juga melakukan sambutan yang serupa, sambil melakukan potongan tumpeng pertama (walaupun potongan tersebut tumpah, tidak berbentuk, kemudian diambil lagi dan ditaruh di piring).

Suasana ARLTumpengan
Prestasi yang sangat membanggakan ini tidak akan terwujud tanpa kerja keras, pengorbanan, dan doa-doa yang terus dilakukan oleh seluruh civitas akademika Departemen Arsitektur Lanskap. Kami dari seluruh divisi HIMASKAP beserta RAPIDOMAN mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh atlet yang telah berjuang, dan supporter-supporter TINTA MERAH atas kemenangan besar ini. Semoga ARL bisa memberi kontribusi terbaiknya untuk Faperta di ajang yang lebih besar lagi, yaitu Olimpiade Mahasiswa IPB yang dilaksanakan pada bulan Mei nanti.

Akhir kata, selamat kepada Departemen Arsitektur Lanskap IPB sebagai juara umum ACTION di SERI-A & ACTION 2013.

(INFOS/BHR)

Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar