Pages

Professionalism Tour


Untuk meningkatkan profesionalisme di bidang keilmuan Arsitektur Lanskap khususnya bagi mahasiswa Arsitektur Lanskap IPB serta utuk menambah pengetahuan dan gambaran dalam profesi Arsitekt Lanskap maka tahun ini HIMASKAP menyelenggarakan PROFET (Professionalism Tour) 2012 yang dibawahi langsung oleh Divisi Keprofesian HIMASKAP. Kegiatan ini akan diikuti oleh mahasiswa ARL angkatan 47 dan 48. Acara ini merupakan acara kunjungan ke suatu tempat dimana pada tempat tersebut akan diperkenalkan ranah kerja dan produk dari seorang arsitek lanskap. Tempat yang akan dikunjungi  ini adalah Central Park Mall dan Jakarta City Planning Gallery.
Acara ini terbagi atas dua sesi yaitu seminar dan touring, peserta akan dibimbing dan dapat berdiskusi langsung dengan beberapa ahli dari berbagai bidang ilmu terkait, tidak hanya arsitek lanskap tetapi juga dari civil engineer, arsitek, interior desainer juga manajer lokasi tersebut. Tidak hanya diperlihatkan contoh taman dan tanaman pendukungnya, tetapi juga akan dijelaskan perihal konstruksi perkerasan dan pengelolaan agar dapat berkelanjutan.
Diharapkan setelah acara ini, peserta akan mendapat gambaran mengenai profesi arsitek lanskap di masa yang akan datang. Selain itu diharapkan juga peserta menjadi seorang Arsitek Lanskap yang tidak hanya terampil dalam bidang Arsitektur Lanskap saja tetapi juga terampil dalam bidang yang menunjang profesi Arsitek Lanskap.

Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar