Pages

Bedah Taman Sekolah

Bedah Taman Sekolah merupakan salah satu program kerja Divisi Sosial Lingkungan yang bertujuan untuk menerapkan bidang keilmuan Arsitektur Lanskap yang didapat oleh mahasiswa kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial pada mahasiswa Arsitektur Lanskap dan mengajarkan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar khususnya anak-anak.

Kegiatan ini juga merupakan program kerja bersama dari 4 Lembaga Kemahasiswaan yang ada di Fakultas Pertanian, yaitu Himpunan Mahasiswa Agronomi, Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah, Himpunan Mahsiswa Proteksi Tanaman, dan Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap, serta Mitra Desa dan BEM Faperta. Untuk skala besarnya, kegiatan ini bernama Bedah Taman Kampung yang diadakan di Desa Purwasari. Himaskap sendiri khusus mengurusi kegiatan Bedah Taman Sekolah yang merupakan rangkaian dari kegiatan Bedah Taman Kampung.

Pada tahun ini kegiatan Bedah Taman Sekolah diadakan di madrasah Ibtidaiyyah Al Manaf yang berada di desa Purwasari, Darmaga. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari minggu, 13 Mei 2012 yang diikuti oleh mahasiswa Arsitektur Lanskap dan siswa-siswi Madrasa Ibtidaiyyah Al Manaf.

Kegiatan berupa pembuatan taman sekolah, penanaman tanaman hias, pembuatan biopori, dan pengadaan tempat sampah, yang kesemua kegiatan tersebut dilakukan bersama murid-murid MI Al Manaf.

Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar