Pages

KALAP (Koperasi Anak Lanskap)

Dalam menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah Departemen Arsitektur Lanskap seperti gambar lengkap, gambar desain, pembuatan maket, dan tugas lainnya, seringkali mahasiswa kesulitan untuk menemukan peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang tugas-tugas kuliah tersebut. Kalaupun ada yang dijual disekitar kampus, tidak semua yang tersedia dan harganya cenderung lebih mahal dibanding ditempat lain, serta kendala jarak yang jauh juga menjadi pertimbangan.

Menyadari hal ini, Divisi Fund Rising mempertimbangkan untuk menjadi fasilitator peralatan aristektural yang dibutuhkan bagi Mahasiswa Arsitektur Lanskap dalam suatu wadah badan usaha yang diberi nama KALAP (KoperasiAnakLanskap).
KALAP ini akan bergerak dalam usaha menyediakan berbagai peralatan arsitektural (kertasgambar, drawing pen, penggaris, selotipkertas, basoka, penggarismal, dan lain sebagainya) dan juga jasa dalam bidang desain yang diusung dalam Fund Rising Production House. Dalam Fund Rising Production House, akan disediakan jasa desain taman indoor dan outdoor,hasil produksi kreatifitas dari barang-barang yang sudah tidak dipergunakan untuk dijadikan barang yang dapat komersilkan serta memfasilitasi berbagai kegiatan acara-acara mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Dimana dalam suatua cara akan dibutuhkan sertifikat, plakat, poster, baliho, id-card, T-shirt, pin, dan lain-lain. Dalam pelaksanaannya, DivisiFund Rising akan bekerjasama dengan perusahaan percetakan maupun konveksi. Tentunya tidak menutup kemungkinan bagi departemen lain yang ingin membeli atau memesan barang-barang dari KALAP, baik barang-barang yang berhubungan dengan arsitektural maupun barang-barang dan jasa lainnya.

KALAP (KoperasiAnak Lanskap), badan usaha ini dibentuk dengan tujuan :
  1. Menyediakan peralatan arsitektural dan perlengkapan perkuliahan lainnya demi menunjang tugas-tugas perkuliahan khususnya Mahasiswa Arsitektur Lanskap, IPB.
  2. Menyediakan berbagai keperluan kepanitiaan, khususnya yang dibutuhkan oleh Divisi PDD (Publikasi, Dokumentasi, danDekorasi) baik didalam maupun diluar Himaskap.
  3.  Mewadahi kreatifitas Mahasiswa Arsitektur Lanskap dalam bidang keprofesiannya.
  4.  Menyokong dana kas Divisi Fund Rising dan kas kebendaharaan Himaskap.
  5. Menjadi wadah bagi mahasiswa Arsitektur Lanskap untuk mendapat tambahan penghasilan, karena setiap kegiatan yang diikuti akan menghasilkan keuntungan yang akan dibagi persenannya untuk DivisiFund Rising, kebendaharaan Himaskap serta kantong pribadi yang mengikutinya.
KALAP sendiri diresmikan pada hari sabtu, 18 Februai 2012 bertepatan dengan acara Up Grading Himaskap 2012.

Kepengurusan Badan Usaha KALAP
Direktur                                               : Erna Deliana
General Manajer                                  : VonyPerdanawati
Manajer Pembukuan                           : Citra Handayani
Manajer Keuangan                              : Dian Puspita Sari
Manajer Estimate Tender                    : M. Fadhillah Asyari
Manajer Produksi                                : NuriskhaNoviawanti
Manajer Pengadaan & Peralatan         : RamlanYusmana


Contact Person : Erna Deliana (Baba) 085782980521

Himaskap

Arsitektur Lanskap berasal dari dua kata yaitu Arsitektur dan Lanskap. Terminologi Arsitektur berasal dari bahasa Inggris arche (baik) dan techne (ahli), dengan definisi arsitektur secara umum yaitu seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Sedangkan Lanskap berasal dari bahasa Inggris yaitu Landscape, bahasa Jerman yaitu Landschaft, dengan definisi lanskap yaitu kawasan lahan yang dibangun oleh manusia di luar bangunan, jalan dan utilitas sebagai tempat tinggal manusia (Eckbo 1964). Jadi secara umum definisi Arsitektur Lanskap yaitu lanskap/bentang alam/tapak yang memiliki bentuk pemandangan yang indah dan selaras dengan lingkungan sekitarnya serta mempunyai manfaat dan fungsi tertentu untuk mendukung kepentingan dan kesejahteraan manusia. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar